Selasa, 12 Oktober 2010

si belang kembali meneror meukek

Tue, Oct 12th 2010, 10:46

Nenek Menabur Teror di Meukek

TAPAKTUAN - Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) yang lazim disebut nenek, sejak tiga pekan terakhir menabur teror di Desa Jambo Papeun, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan. Bahkan kini sang nenek dilaporkan semakin sering wara wiri di seputaran desa, hingga masyarakat setempat semakin takut bepergian ke kebun dan ke ladang untuk  mengurus lahan pertaniannya.

Kades Jambo Papeun, Sasmin, kepada Prohaba, Senin (11/10) mengatakan, masyarakat di desanya kini semakin dicemaskan dengan kehadiran harimau yang hingga kini masih berkeliaran di pemukiman penduduk.

Meski pawang Syarwani asal Desa Sawang Teube, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, sudah tiba ke lokasi atas kerjasama  BKSDA dengan LSM Wildlife Conservation Sosiety (WCS) untuk membuat tangkal di sekitar gunung di desa itu, sekaligus memasang perangkap, namun sang nenek, masih tetap berkeliaran di pemukiman. “Gangguan binatang itu hanya reda sesaat, tapi setelah pawang pulang kampong binatang itu kembali mengganas,” katanya.

Bahkan satwa dilindungi yang diperkirakan dua ekor itu semakin mengganas dan terus memangsa ternak kambing milik warga. Seperti yang terjadi Jumat (8/10) sekitar pukul 22.00 WIB seekor ternak kambing milik Kepala Dusun Simpang Dua, Mustafaruddin, yang berada di dalam kandang berhasil dimangsanya.

Peristiwa tersebut ikut disaksikan oleh istri kadus, tapi pekikan sang istri itu tidak membuat si belang takut, ia terus menerkam dan membawa lari ternak kambing itu ke semak-semak di kawasan pegunungan yang berjarak beberapa meter dari bibir desa itu. “Warga di sekitar desa itu semakin sering kepergok dengan si belang pada malam hari,” katanya.(az)
--
Harian PROHABA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar