Sabtu, 09 Oktober 2010

Obyek Wisata Daerah Nanggroe Aceh Darussalam


Wisata Wilayah Kabupaten Aceh Barat

PDFPrintE-mail

Kabupaten Aceh Barat beribukotakan Meulaboh atau dikenal dengan kota "Johan Pahlawan" yang tidak lain adalah Pahlawan Nasional Teuku Umar yg berasal dari daerah ini. Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Banda Aceh jarak tempuh sekitar 5-7 jam, menggunakan transportasi bus umum atau kendaraan pribadi Wilayah bagian Barat Kerajaan Aceh Darussalam mulai dibuka dan dibangun pada abad ke-16 atas prakarsa Sultan Saidil Mukamil (Sultan Aceh yang hidup antara tahun 1588-1604), kemudian dilanjutkan oleh Sultan Iskandar Muda (Sultan Aceh yang hidup tahun 1607-1636) dengan mendatangkan orang-orang Aceh Rayeuk dan Pidie. Daerah ramai pertama adalah di teluk Meulaboh (Pasi Karam) yang diperintah oleh seorang raja yang bergelar Teuku Keujruen Meulaboh, dan Negeri Daya (Kecamatan Jaya) yang pada akhir abad ke-15 telah berdiri sebuah kerajaan dengan rajanya adalah Sultan Salatin Alaidin Riayat Syah dengan gelar Poteu Meureuhom Daya. Aceh Barat adalah sebuah kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam. Sebelum pemekaran, Aceh Barat mempunyai luas wilayah 10.097.04 km² atau 1.010.466 Ha dan merupakan bagian wilayah pantai barat dan selatan kepulauan Sumatra yang membentang dari barat ke timur mulai dari kaki gunung Geurutee (perbatasan dengan Aceh Besar) sampai kesisi Krueng Seumayam (perbatasan Aceh Selatan) dengan panjang garis pantai sejauh 250 km. Sesudah dimekarkan luas wilayah menjadi 2.442,00 km². Selanjutnya pada tahun 2002 kabupaten Aceh Barat daratan yang luasnya 1.010.466 Ha, kini telah dimekarkan menjadi tiga Kabupaten yaituKabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat dengan dikeluarkannya Undang-undang N0.4 Tahun 2002.


Makam Pahlawan Teuku Umar
Teuku Umar adalah Pahlawan Nasional, beliau merupakan suami Cut Nyak Dhien yg juga merupakan pahlawan nasional dari Aceh. Alamat Lokasi : Desa Meugo Rayeuk, jarak tempuh sekitar 35 km dari Kota Meulaboh, Cara Menuju Lokasi : Menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum. Teuku Umar Johan pahlawan gugur di Daerah Suak Ujong Kalak dan dimakamkan di desa Meugo Rayeuk, yg merupakan kawasan hutan lindung. Teuku Umar meupakan pahlawan nasional. Makam Teuku Umar ini ramai dikunjungi oleh wisata dan wisatawan asing sebagai tempat bersejarah. Di dalam lokasi makam Teuku Umar ini terdapat pohon besar yang mengeluarkan air tiada hentinya. Air itu bisa diminum oleh siapapun. Daerahnya sangat aman, nyaman dan sejuk dg udara yang segar dan masih sangat alami.



Kopiah Meukutop / Topi Tradisional Aceh
Kopiah Meukutop adalah Topi Tradisional Aceh yang indah, digunakan sebagai pelengkap pakaian tradisional Aceh, dan juga bisa dijadikan Souvenir yang menarik. Alamat Lokasi : Bisa didapatkan dipusat pertokoan souvenir Kota Meulaboh, Cara Menuju Lokasi : Menggunakan kendaraan mobil pribadi ataupun transportasi umum, Kopiah Meukutop merupakan Topi Tradisional Aceh yang disebut juga Topi Teuku Umar, yang tidak lain adalah Pahlawan Nasional dari Aceh, karena beliau sering memakai topi ini. Hingga saat ini Kopiah Meuketeup dijadikan pelengkap busana adat Tradisional Aceh, dan juga bisa dijadikan souvenir yang indah.


Masjid Agung Meulaboh
Masjid Agung adalah masjid termegah di Kabupaten Aceh Barat. Masjid Agung ini terletak di pusat Kota Meulaboh yang luasnya sekitar 10 ha. Alamat Lokasi : Jl.Imam Bonjol, Kota Meulaboh. Cara Menuju Lokasi : Karena letaknya dipusat kota Meulaboh, dengan mudah dpt dijangkau dengan kendaraan umum ataupun kendaraan roda dua. Masjid Agung ini merupakan Masjid kebanggaan dari Kabupaten Aceh Barat. Arsitektur bangunan yang sangat indah dengan kubahnya yang berwarna dominan terang menjadikan Masjid ini sangat indah dipandang mata.


Danau Geunang Geudong
Obyek wisata danau ini merupakan tempat rekreasi masyarakat daerah ini, selain itu juga dijadikan tempat berbagai macam kegiatan olahraga, salah satunya ultimate frisbee (olahraga piring terbang) Alamat Lokasi : Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Jarak tempuh sekitar 25 km dari pusat Kota Meulaboh . Cara Menuju Lokasi :Menggunakan transportasi umum, kendaraan roda empat ataupun roda dua, Tempat wisata ini dijadikan pusat jajanan dan tempat berolah raga dan juga akan di kembangkan sebagai taman wisata budaya. Dengan luas hampir 25 Ha, di sini tersedia juga sarana untuk tempat beristirahat bagi pengunjung serta tempat untuk beribadah.

Pantai Lanaga
Obyek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi, paling ramai dikunjungi pada saat acara perlombaan perahu. Alamat Lokasi : Desa Peunaga, jarak tempuh sekitar 5 km dari Kota Meulaboh (Ibukota Kabupaten Aceh Barat), Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan mobil pribadi, ataupun bis pariwisata yg tersedia untuk mengantarkan para wisatawan. Di kawasan wisata ini tersedia sarana olah raga air seperti Jet sky dan juga event perlombaan perahu yg sering diselenggarakan disini.

Pantai Lhok Bubon
Di pantai ini dapat dilakukan aktivitas dilaut seperti, berenang, dan berselancar. Alamat Lokasi : Desa Bubon, jarak tempuh sekitar 8 km dari Kota Meulaboh, Cara Menuju Lokasi : menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun angkutan umum. Pantai ini terkenal dengan penghasil makanan laut, dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya.


Pantai Kasih
Pantai Kasih adalah salah satu obyek wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi dihari libur. Alamat Lokasi : Desa Pasar Aceh. Kab.Aceh Barat, Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan transportasi umum seperti bus wisata. Selain menikmati pemandangan alam dipantai ini juga bisa melakukan aktifitas memancing ataupun berselancar.


Pantai Batee Puteh
Pantai landai berpasir putih yang sangat indah, Alamat Lokasi : Jalan Syiah Kuala, sekitar 3 km dari Kota Meulaboh, Cara Menuju Lokasi : Menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun transportasi umum, Wisata pantai batee puteh yang indah ini sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat pada saat liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar